Siapkan Strategi Penyempurnaan Ditata Indah

Magetan Optimis - Konsep pembangunan yang diterapkan pemerintahan bupati Drs H Sumantri, MM lima tahun terakhir, dititikberatkan pada bidang pendidikan, pertanian, pariwisata, industri, perdagangan dan kesehatan (DITATA INDAH). Sejumlah penghargaan level nasional pun sudah terkoleksi manis di pendapa Surya Graha. Berikut petikan wawancara Tim Magetan Optimis bersama H Sumantri.

Polesan pemerintahan Anda cukup berhasil. Bagaimana Anda menyikapi?
Terima kasih. Perlu saya garisbawahi, keberhasilan ini juga kerja keras masyarakat Magetan. Termasuk sinergi kebijakan yang kami bangun dengan pemerintah pusat dan provinsi. Semua diorientasikan untuk percepatan pengurangan kemiskinan. Dengan melihat kemampuan keuangan daerah.

Apa kuncinya?
Kami terapkan kebijakan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan. Dibalut dengan system dan mekanisme efektif, guna mengintegrasikan isu-isu pembangunan terpadu dan terarah. Untuk program prioritas, lima tahun terakhir kami realisasikan program DITATA INDAH. Yakni penekanan sektor pendidikan, pertanian, pariwisata, industri, perdagangan dan kesehatan.

Adakah sebenarnya prioritas utama?
Kami berupaya mengembangkan anggaran APBN atau APBD provinsi untuk kesejahteraan lainnya. Salah satunya pariwisata. Yakni dengan mengembangkan industri pariwisata yang berorientasi pada pertumbuhan ekonomi dalam penanggulangan kemiskinan dan penyerapan tenaga kerja. Selain itu kami tekankan pula pemasaran dan promosi wisata efektif nan terpadu, serta penguatan sumberdaya pariwisata. Mendorong peningkatan kapasitas pemangku pariwisata lokal, untuk meningkatkan mutu pelayanan kompetitif. Selain itu, prioritas lain adalah penanggulangan kemiskinan dan pembangunan infrastruktur. Kemiskinan merupakan permasalahan multidimensi. Untuk itu kami berupaya mendorong ekonomi dan kegiatan-kegiatan prorakyat miskin. Serta memberikan perhatian khusus kepada usaha-usaha yang melibatkan masyarakat miskin. Termasuk kegiatan yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan, serta meningkatkan kualitas dan memperluas kebijakan keberpihakan penanggulangan kemiskinan dan percepatan pembangunan daerah tertinggal. Juga menata dan meningkatkan pelaksanaan lembaga jaringan sosial.

Menarik sekali. Dan jika Anda dipercaya memoles itu lima tahun ke depan?
Kami siapkan sejumlah strategi penyempurnaan, dari program DITATA INDAH yang sudah kami rintis lima tahun terakhir. Kita tahu, kompleksifitas kebutuhan masyarakat Magetan cukup banyak. Dan itu harus kita urai satu persatu. Kemudian dicari akar permasalahannya dan sesegera mungkin dipecahkan melalui kebijakan yang berbasis kesejahteraan masyarakat Magetan yang adil dan bermartabat.

Optimis untuk menyempurnakan hal itu?
Tentu. Ya seperti slogan yang Anda buat bersama rekan-rekan, Magetan harus optimis. Optimis untuk bisa lebih sejahtera. Apalagi, lima tahun terakhir, konsep kesejahteraan ini sudah kami siapkan, melalui indikator 6W. Yakni wareg, waras, wasis, wutuh, widodo, dan waskito.

Sukses untuk Anda, bapak. Terakhir, ada pesan untuk warga Magetan?
Amien. Yang jelas, lima tahun terakhir kami sudah bekerja ekstra, untuk kesejahteraan masyarakat Magetan. Dan kesempatan Pilkada April mendatang, saya tidak menjanjikan muluk-muluk. Yang jelas, langkah nyata kami sudah ada bukti, sekaligus penghargaan dari pemerintahan pusat. Untuk itu, saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk semakin dekat, akrab dan menyatu. Membulatkan tekad, niat, untuk memiliki rasa handarbeni, hangrungkebi, mulat sarira, hangroso wani. Bersama-sama membangun Magetan ini, supaya ke depan mampu aman, tenteram dan rukun. Serta sama-sama menyatukan tekad demi Magetan yang lebih baik. Terima kasih! *** [Tim MO/Rud]

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar: