Berdayakan Masyarakat, Salurkan 2 M tiap Tahun

Magetan - Sebagai implementasi visi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Magetan yang adil dan bermartabat, Bupati Magetan, Sumantri menyalurkan bantuan sebesar Rp.2.227.000.000, kepada warga kurang mampu.
Selama kepemimpinan Sumantri, bantuan ini dilaksanakan setiap tahun yang merupakan bagian dari program pemberdayaan dan bantuan sosial, dan di tahun 2012 ini, merupakan bantuan yang ke empat kalinya.

Berlokasi di Balai Desa Cepoko Kecamatan Panekan, sebanyak 25 Kelompok Usaha Bersama (KUBE), terdiri dari 250 Kepala Keluarga telah menerima bantuan sebesar Rp.750 juta, (27/10/2012). Bantuan lain berupa permodalan bagi 10 Lembaga Keuangan Mikro (simpan pinjam) sebesar Rp.250 juta. Kedua bantuan tersebut bertujuan agar dapat menambah modal usaha kecil dan usaha informal.

Disalurkan pula bantuan pavingisasi sebesar Rp.800 juta untuk 7 kelurahan di Kecamatan Magetan, dan Rp.750 juta untuk rehabilitasi 75 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), sehingga menjadi rumah yang memenuhi standar kesehatan.
Tak ketingggalan, untuk membantu meringankan beban pengelolaan, sebanyak 20 lembaga kesejahteraan anak atau panti sosial anak juga mendapat bantuan sebesar Rp 438 juta.

Progam pemberdayaan dan bantuan sosial merupakan perwujudan usaha Pemerintah Kabupaten Magetan dalam menyejahterakan masyarakat serta sebagai implementasi Instruksi Presiden nomor 3 tahun 2012 tentang Penanggulangan Kemiskinan. “Program ini merupakan bukti keseriusan dan kesungguhan Pemkab Magetan untuk menyejahterakan masyarakatnya dengan pengentasan kemiskinan dan membuka lapangan kerja” papar Bupati Sumantri.

Dengan bantuan ini, kata Sumantri, dia mengharapkan penerima dapat mengelola dengan baik dan dipertanggungjawabkan secara transparan sesuai yang telah direncanakan, sehingaa tepat guna dan tepat sasaran.

Kepada instansi pemerintah yang terkait dan para pendamping agar  melakukan pembinaan, pengarahan dan pengawasan secara rutin dan berkelanjutan sehingga program ini dapat berhasil dan masyarakat semakin berkembang dan maju. (Mon)


Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar: