PKK Berdaya, Perempuan Tak hanya Konco Wingking

MAGETAN OPTIMIS – Di balik keberhasilan pria, tampaknya tak bisa dilepaskan dari peran wanita hebat. Filosofi itu tampaknya patut dialamatkan di Magetan. Betapa tidak. Keberhasilan polesan pembangunan dari tangan bupati H Sumantri, ada sosok Hj Nanik Endang Rusminarti. Selain berperan sebagai istri, Nanik juga dikenal sukses memberdayakan kekuatan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Magetan. ‘’Agenda saya (di PKK) cukup banyak. Bahkan saya rutin safari di 18 kecamatan,’’ terang Hj Nanik.

Memang, selain mengomandoi PKK, ibu empat anak ini dikenal sebagai ketua Kwartir Cabang Pramuka Magetan dan pembina BKMT serta ketua Persani Magetan. Bahkan, di kesatuan gerak PKK, ada sepuluh pokja yang dikomandoi Hj Nanik Sumantri. Sejumlah penghargaan level nasional juga pernah disabetnya. ‘’Saya ingin terus meningkatkan peran PKK dan meningkatkan produktivitas,’’ ujar Nanik.

Di sisi lain, bagi Nanik, perempuan memiliki peran penting dalam proses kehidupan keluarga, maupun pemerintahan. Apalagi, kata dia, saat ini posisi wanita di rumah tangga juga memegang peran penting. Wanita tidak hanya sebagai konco wingking alias hanya berkutat di dapur.

Meski begitu, dia menegaskan bahwa seorang perempuan harus tetap memosisikan suami sebagai seorang kepala rumah tangga. Setinggi apa pun derajat perempuan, harus tetap menghormati laki-laki sebagai penanggungjawab rumah tangga. ‘’Perempuan harus berdaya, tapi harus tetap sesuai kodratnya sebagai istri yang harus patuh kepada suami,’’ tegasnya.

Keberhasilan Nanik di sejumlah organisasi itu, juga selaras dengan keberhasilan yang dilakukannya di internal rumah tangga dia. Selama berumah tangga dengan bupati Sumantri, Nanik berhasil mendampingi suami sekaligus ibu yang baik untuk dr Nurkholid Setiawan, dr Budi Setya Nugraha, Tri Andari Sumantri dan Yunita Sumantri. Terbukti, empat buah hati Nanik tersebut, sama-sama mengenyam pendidikan kedokteran.

Diharapkan, seluruh polesan-polesan Nanik di PKK tersebut, mampu menjadi bagian pembangunan sumber daya manusia di Magetan. ‘’Saya selalu memberikan motivasi peran perempuan untuk terus berdaya dan ibu yang baik untuk keluarga. Baik di PKK maupun majelis taklim, atau organisasi-organisasi lainnya,’’ pungkas Nanik. [Rud]

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar: