Presiden: Saya Terkesan dengan Guyub Rukun di Magetan


MAGETAN OPTIMIS – Berdasarkan catatan sejarah, saat zaman penjajahan, Magetan dikenal sebagai salah satu lumbung pangan nasional. Komoditi spektakuler yang dihasilkan adalah tebu (bahan baku gula) serta padi. Areal pertanian yang luas, termasuk adanya landasan udara (kini Lanud Iswahjudi), menjadikan Magetan kian mudah untuk mengirim hasil pangannya ke seluruh wilayah di Indonesia.

Presiden RI H Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mengakui keistimewaan Magetan ini. Yang lebih menarik, saat ke Magetan Selasa (11/12) lalu, SBY memuji adanya program Guyub Rukun yang digagas Bupati Magetan H Sumantri. ‘’Saya benar-benar terkesan dengan Magetan. Utamanya dengan program guyub rukunnya. Ini harus dipertahankan, karena memang semangat guyub rukun inilah yang harus diciptakan di Indonesia,’’ ujar SBY, saat berpesan kepada Sumantri.

Ya, lima tahun terakhir, selama era kepemimpinannya, Sumantri berhasil melakukan terobosan di bidang peningkatan sumber daya manusia. Beberapa program pembangunan yang dicetuskan pemimpin terdahulu, sudah dilanjutkan. Peningkatan-peningkatan, lebih dititikberatkan pada sektor nonfisik. Salah satunya program guyub rukun yang sempat menarik simpati orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Bahkan, upaya Sumantri tersebut dinilai sebuah terobosan besar di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, dari berbagai bidang, sebelas penghargaan nasional berhasil diboyong ke Magetan, selama kurun 2012. Sumantri dinobatkan pula sebagai Pembina Terbaik Pertama Gotong Royong Masyarakat tingkat Nasional 2012, Mei lalu.

Meski begitu, bukan berarti keberhasilan tersebut menjadikan orang nomor satu di Magetan itu bangga diri. Menurutnya, keberhasilan tersebut merupakan buah kerja keras pihaknya bersama peran aktif dari masyarakat Magetan. Tentu, Sumantri menyadari jika hal tersebut bukanlah urusan mudah untuk diraih. ‘’Yang jelas, penghargaan demi penghargaan ini menjadi bukti pencapaian visi misi kami, yang diperkuat dengan adanya berbagai kebijakan yang berpihak kepada masyarakat banyak,’’ ujar Sumantri.


Diharapkannya, kerja keras yang selama ini dirintisnya, bisa terus berbuah. Pasalnya, apa yang selama ini dilakukannya, memang untuk kepentingan masyarakat. Untuk itu, Sumantri terus berupaya mengajak seluruh komponen masyarakat, untuk semakin dekat, kian akrab dan menyatu. ‘’Dan bersama-sama menyatukan tekad, demi Magetan yang lebih baik lagi,’’ pungkas Sumantri. [Tim MO/Nng]

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar: