Optimis Sukses di Jilid Kedua

MAGETAN OPTIMIS – PDI Perjuangan, Kamis (10/1) akhirnya menjatuhkan rekomendasi kepada H Sumantri dan Samsi untuk berlaga pada Pilkada Magetan 24 April mendatang. Duet incumbent yang sebelumnya berjuluk SMS ini, masih dinilai PDIP memiliki kredibilitas dan kekuatan untuk melanjutkan pemerintahannya, lima tahun ke depan.

Wakil Sekjen DPP PDIP Ir Hasto Kristyanto, membawa langsung rekomendasi itu dari Jakarta ke Magetan, pada Jumat (11/1). DPP PDIP, kata dia, sudah melakukan berbagai langkah untuk memilih pasangan calon yang akan diusung partai pemenang pemilu di Magetan ini. ‘’Kami melakukan survei ke masyarakat secara objektif. Termasuk mengkaji strategi pemenangan. Dan kami optimistis pasangan ini bakal sukses di periode mendatang,’’ ujar Hasto.

Selain itu, penentuan rekomendasi itu menurutnya juga didasarkan dari survei internal. Yakni saat rapat konsolidasi beberapa waktu lalu yang dihadiri sekitar 800 orang pengurus PDIP. Mulai tingklat anak ranting, ranting, anak cabang, hingga pengurus cabang. ‘’Hasilnya, mengerucut pada pasangan incumbent Sumantri Samsi ini,’’ papar Hasto.

Dari kajian akademis yang dilakukan pasca survei, Hasto menjelaskan bahwa Sumantri saat ini masih memiliki dukungan signifikan di masyarakat bawah. Elektabilitas dan popularitas Sumantri di kalangan akar rumput masih cukup tinggi. Selain itu, komitmen pasangan Sumantri-Samsi untuk menyejahterakan rakyat Magetan juga menjadi pertimbangan utama. ’’DPP PDIP menyakini bahwa tradisi kepemimpinan manunggaling roso suko ambangun dan guyub rukun cukup efektif. Dibuktikan, tidak adanya persaingan atau konflik kekuasaan antara bupati dan wakil bupati selama ini,’’ tegasnya.

Bermodal itulah, Hasto menegaskan bahwa tradisi bongkar pasang kepemimpinan merupakan sesuatu yang dijauhkan PDIP. Walhasil, rekomendasi yang jatuh kepada Sumantri-Samsi, bakal menjadi pijakan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat.

Untuk itu, setelah rekomendasi DPP PDIP turun, DPP PDIP menginstruksikan seluruh pengurus DPC hingga anak ranting untuk memenangkan pasangan SMS jilid kedua ini. Menurut Hasto, pilkada bukan hanya masalah menang atau kalah, tetapi menjadi harga mati dan martabat partai. ‘’Kami siap dan optimistis menang. Kalau ngomong koalisi, kami akan bersama-sama rakyat, berkoalisi untuk melanjutkan tata pemerintahan yang lima tahun terakhir dikonsep oleh pasangan SMS ini,’’ terang Hasto.

H Sumantri sendiri mengaku tak kalah siapnya. Dalam hidupnya, jelang pilkada saat ini, ada tiga prinsip yang dipegang. Yakni mampu hamiwiti, hanengahi dan hamungkasi. ‘’Saya hamiwiti dengan niat tulus, hanengahi itu jer basuki mawa bea, dan hamungkasi harus menang!’’ tegas Sumantri. [nng]

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar: