MENGAKAR DAN MENGGURITA

MAGETAN OPTIMIS – Usai PDI Perjuangan, partai pengusung pasangan H Sumantri dan Samsi (SMS) menggelar sosialisasi rekom di 18 kecamatan, giliran tim pemenangan SMS pun mulai rapatkan barisan. Baik tim dari internal PDI Perjuangan maupun dari eksternal. Bahkan, tim eksternal dari berbagai wilayah di Magetan, juga sudah menggurita. Seluruhnya memiliki tekad sama: memenangkan pasangan SMS Jilid 2.
Di Kecamatan Panekan, misalnya. Di tempat ini ada Tim Relawan SMS Jilid 2. Sarju, 52, ketua Tim Relawan dari Desa Rejomulyo, Kecamatan Panekan menegaskan bahwa pihaknya optimistis bakal memenangkan pasangan SMS di Rejomulyo dan Panekan. Keoptimistisannya itu lantaran sosok Sumantri yang dikenal berjiwa bersih, serta mampu membangun keeratan dan kekeluargaan. ‘’Mas Mantri itu sosok seorang yang bersih. Baik dalam jabatan maupun keluarganya. Beliau tetap bersikap bijak dan santun, meski banyak yang berseberangan,’’ terang Sarju.
Dia mengaku, di Panekan masih banyak masyarakat belum mengenal lebih dalam tentang sosok H Sumantri dan Samsi. ‘’Dan saat ini kami terus berupaya mengenalkan sosok pasangan SMS ini. Apalagi, menilai seseorang juga tidak cukup hanya dari luar,’’ terangnya.
Lain di Panekan, lain pula di Maospati. Wilayah timur Magetan ini ada salah satu relawan yang mengatasnamakan Laskar Kordes Maospati. Tim ini mengklaim membawahi kordes se-Maospati. Termasuk hingga tim-tim pemenangan tingkat RT. Seluruhnya merupakan kader militan yang bahkan menegaskan perjuangannya tanpa bayaran.
Laskar yang dipandegani Ir Ladiyanto ini, berkomitmen besar untuk mengawal kemenangan pasangan SMS. Pasalnya, pasangan ini dinilai memiliki pengalaman, berwawasan serta terbukti bersih tanpa korupsi.
Ada pula relawan yang mengatasnamakan Gerakan Relawan Sumantri-Samsi (GRESS) yang berbasis di Kecamatan Sidorejo. Beny Ardi, koordinator Gress mengaku menggalang kekuatan dari sejumlah pemilih pemula. Menurut dia, pengalaman yang sudah dibuktikan pasangan SMS lima tahun terakhir, menjadi upaya pihaknya untuk membantu mendongkrak suara pada Pilkada 24 April mendatang. ‘’Kami galang pula rekan-rekan dari beberapa LSM dan tokoh di Magetan untuk sama-sama berjuang. Dengan satu tekad: melanjutkan pembangunan dengan perubahan besar,’’ tegas pria yang juga Direktur Pelaksana LSM Magetan Centre ini.
Tak hanya menyebar di daerah dan wilayah kecamatan, di kawasan kota, sejumlah intelektual-intelektual pun mulai merapatkan barisan. Seperti mendirikan posko guyub rukun, hingga kajian-kajian akademis. Ada pula relawan yang menyebut dirinya: Kibarkan Bendera HATI. Bahkan, sejumlah pemuda kreatif asal Magetan, sengaja merangkul sejumlah elemen untuk membuat ide kreatif demi pemenangan pasangan SMS, dalam sebuah wadah yang dinamakan MMC.
Sementara itu, DPC PDI Perjuangan juga sudah menyinergikan seluruh pengurus dan anggota dewannya, untuk mengawal kemenangan pasangan SMS di lima dapil di Magetan. Sejumlah posko-posko pemenangan pun sudah didirikan di 18 kecamatan. ‘’Posko ini menjadi ruang komunikasi antara tim struktur internal PDI Perjuangan dengan tim relawan dari eksternal partai. Setelah itu, kami bakal siapkan manuver,’’ terang Ketua Tim Pemenangan PDI Perjuangan Rinita Sofia Hadi.
Menurut Kohong-sapaan karib Rinita Sofia Hadi-untuk menghindari tumpang tindih antara tim internal dan eksternal, pihaknya bakal melakukan penelitian ulang daftar nama tim pemenangan. ‘’Jangan sampai seseorang yang sudah menjadi bagian tim internal, menjadi anggota tim eksternal juga. Kami berusaha agar satu ditambah satu jadi dua. Kalau ada nama ganda kan tidak efektif. Yang jelas, kami akan berupaya mengakar dan mengguritakan kekuatan,’’ tambah Kohong.
Di sisi lain, sejumlah manuver pun disiapkan PDI Perjuangan. Salah satunya penelitian daftar pemilih sementara (DPS) yang dibagikan KPUD Magetan. ‘’Pengurus di tingkat ranting dan anak ranting, akan dibagikan kopian DPS. Sehingga tidak sampai kecolongan pemilih yang belum terdaftar, serta memantau jumlah pemilih,’’ tukas pria yang juga Wakil Ketua Bidang Infokom DPC PDI Perjuangan Magetan ini. [Tim MO/Nng/Sa/Mon/Rud]


Dapil 1
Poncol, Plaosan, Sidorejo, Panekan
Anggota Dewan: Suyatno, Suyono Wiling

Dapil 2
Magetan Kota, Ngariboyo, Parang
Anggota Dewan: Parlan, Hari Siswanto

Dapil 3
Lembeyan, Nguntoronadi, Takeran
Anggota Dewan: Rinita Sofia Hadi, Karmini, M Thohir

Dapil 4
Kawedanan, Bendo, Maospati, Sukomoro
Anggota Dewan: Nanang Saptoaji, Lasiyem

Dapil 5
Barat, Kartoharjo, Karangrejo, Karas
Anggota Dewan: Joko Suyono, Suryadi

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar: