Koalisi Satu

MAGETAN OPTIMIS – Masih ingat tentang koalisi partai ‘gendut’ Magetan? Koalisi yang dimotori Partai Demokrat bersama Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) ini justru say good bye alias bubar saat tahapan Pilkada jelang masa kampanye. Apalagi, koalisi ‘gendut’ itu, dulu juga sempat diperkuat poros tengah, seperti Partai Hanura, Partai Gerindra, PPDI dan Partai Patriot.
Terbukti, mengusung kandidat Djoko Prabowo dan Hartoto, Partai Demokrat hanya berjalan dengan PAN dan Partai Patriot. Bahkan, tak hanya ditinggalkan beberapa anggota koalisi, kubu nomor urut tiga ini juga sudah ditinggal beberapa kekuatannya, seperti Parade Nusantara.
Sedangkan lainnya? Tentu memastikan dukungannya terhadap pasangan H Sumantri dan Samsi (SMS) yang lebih dulu diusung PDI Perjuangan. Setidaknya, setelah Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Magetan menetapkan tiga pasangan calon yang bakal berlaga di Pilkada Magetan, dukungan demi dukungan terus mengalir kepada pasangan SMS nomor urut satu.
Setidaknya, kepastian dukungan ‘Koalisi Satu’ tersebut diberikan secara personal kepada pasangan SMS oleh Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Hanura. Apabila ditotal, kekuatan kursi di DPRD Magetan mencapai sebelas kursi. Ditambah sebelas kursi milik PDI Perjuangan. Atau total 22 kursi.
PKB Magetan menggebrak dengan menggelar deklarasi resmi ‘PKB Mendukung Pasangan SMS’ di kantor DPC PKB Magetan, Sabtu (16/3) lalu. Diiringi gema salawat dan takbir, H Sumantri menerima map merah berisi surat dukungan dari Ketua DPC PKB Magetan H Zainuddin Latif. ‘’PKB memandang selama lima tahun memimpin Magetan, pasangan Sumantri-Samsi sangat rukun. Sehingga rencana pembangunan berjalan baik. Karena itu PKB mantap mendukung kepemimpinan SMS untuk dilanjutkan lima tahun ke depan,’’ ungkap Zainuddin.
DPD PKS Magetan juga tak mau ketinggalan. Berbekal surat rekomendasi DPW PKS Jawa Timur, atas seizin DPP PKS tertanggal 11 Januari 2013, segera mendeklarasikan dukungan kepada pasangan SMS jilid II ini. Deklarasi dilakukan di kantor DPD PKS Magetan pada 12 Maret lalu. Dengan dihadiri struktural DPD, DPW, dan relawan simpatisan PKS.
Ketua DPD PKS Magetan Sumarno menegaskan bahwa PKS telah bergerak untuk sosialisasi pasangan SMS sejak resmi didaftarkan ke KPUD Magetan, Februari lalu. ‘’Kami punya lebih dari 12 ribu pemilih pada Pemilu 2009. Dengan sistem door to door, kami mendata ulang konstituen itu untuk memastikan dukungan kepada pasangan SMS,’’ terangnya.
Ditambahkan Sumarno, PKS memandang pasangan SMS lebih memiliki visi dibanding kandidat lainnya. ‘’Di samping itu, hasil survei menunjukkan bahwa SMS masih di peringkat atas. Pertimbangan hasil survei ini menjadi dasar kuat bagi kami untuk mengarahkan dukungan,’’ terangnya.
Sementara, meski tidak menggelar deklarasi, Partai Golkar justru menyatakan komitmennya sejak awal untuk total menggerakkan seluruh struktur partai demi mengamankan dukungan pada pasangan SMS. Salah satunya melakukan sosialisasi dan konsolidasi di lima dapil sejak Februari lalu. ‘’Golkar langsung fokus pada konstituen dan organisasi underbow sampai tingkat bawah. Mulai tokoh, himpunan perajin, pedagang kecil binaan, dan sebagainya,’’ ungkap Ketua DPD Partai Golkar Magetan Sofandi.
Tak mau kalah, Partai Hanura yang sebelumnya tergabung pada koalisi partai ‘gendut’, memilih hengkang dari koalisi dan menegaskan dukungannya kepada pasangan SMS. Minggu (24/3) pagi, partai yang dirintis H Wiranto ini menegaskan kepastian dukungan tersebut dengan deklarasi. Sebelumnya, kepada sejumlah media, Ketua DPC Partai Hanura Magetan Deden Drajat juga menyatakan dukungan final partai Hanura terkait Pilkada Magetan, jatuh kepada pasangan SMS.
Dinamika politik yang berkembang di Magetan, akhirnya ditindaklanjuti DPP Partai Hanura yang merekomendasikan dukungan kepada pasangan SMS Jilid II. ‘’Ini sudah perintah resmi (mendukung pasangan SMS, Red) dari Jakarta (DPP),’’ urai Deden.
Menurut dia, Partai Hanura akan berperan aktif menggalang massa pemilih. ‘’Kami berani membandingkan kinerja lapangan dengan partai lain. Kekuatan Hanura selama ini sudah tertata dan terkonsep,’’ tegasnya. ‘’Kami awalnya menghargai kandidat yang sebelumnya kami usung (Djoko Prabowo, Red). Hanya saja, kami tak ingin dianggap anak kecil. Hingga akhirnya kami lebih memantabkan diri mendukung personal pasangan SMS, yang diperkuat keputusan DPP Partai Hanura,’’ imbuhnya.
Informasi yang dihimpun, Koalisi Satu tersebut juga tak menutup kemungkinan bakal bertambah. Beberapa partai lain yang belum menentukan arah politik, mulai memberikan sinyal merapat ke dalam barisan Koalisi Satu untuk mengawal kemenangan pasangan SMS. ‘’Kami sangat terharu atas dukungan demi dukungan ini. Mudah-mudahan semangat ini merupakan tekad bersama untuk meneruskan pembangunan, demi terwujudnya masyarakat Magetan yang adil dan bermartabat,’’ ungkap H Sumantri. [Tim MO]

MODAL POLITIK KEKUATAN PASANGAN SMS
Parpol Pengusung    Kekuatan Kursi DPRD    Suara Pemilu 2009
PDIP            11                77.750
Golkar            6                50.038
PKB            2                13.715
PKS            1                12.247
Hanura            2                14.083
Total            22                167.833
DPT            553.724            30,3%

MODAL POLITIK KEKUATAN PASANGAN DJOWO-TOTO
Parpol Pengusung    Kekuatan Kursi DPRD    Suara Pemilu 2009
Demokrat        8                61.902
PAN            4                32.018
Patriot            2                13.893
Total            14                107.813
DPT            553.724            19,5%

MODAL POLITIK KEKUATAN PASANGAN NASPRO
Modal Dukungan    DPT        Persentase
36.228 KTP        553.724    6,5%


SUMBER: KPUD Magetan
*] Suara Pemilu 2009 adalah hasil total perolehan suara Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Magetan Tahun 2009, akumulasi dari lima Daerah Pemilihan (Dapil) di Magetan.

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar: