Sumantri-Samsi Diunggulkan Menangi Pilkada Magetan 2013

MAGETAN OPTIMIS – Jika Pilkada Magetan digelar hari ini atau awal April lalu, sudah pasti kemenangan berada di kubu pasangan H Sumantri dan Samsi (SMS). Kemenangan pasangan petahana alias incumbent itu, bahkan mencapai 51,7 persen. Unggul jauh dari pasangan Nanik Karsini-Sugiho Pramono (NasPro) yang hanya mendapat 14,3 persen dan pasangan Djoko Prabowo-Hartoto (Djowo-Toto) yang hanya meraup 5,8 persen. Sisanya, 28,2 persen, mengaku belum menentukan pilihan.
Angka persentase tersebut, merupakan hasil survei Rekode Jakarta. Lembaga riset kebijakan dan otonomi daerah itu, merilis hasil tersebut setelah sebelumnya meriset sedikitnya 1500 responden warga Magetan di 18 kecamatan. ‘’Survei dilakukan sekitar sepekan terakhir bulan Maret, hingga 1 April 2013,’’ terang Rinita Sofia Hadi, ketua Tim Kampanye SMS.
Hasil lebih mencengangkan, sejumlah partai politik di Magetan, seolah beramai-ramai merapatkan barisan untuk mengawal kemenangan pasangan SMS. Bahkan, mesin politik Partai Demokrat, partai utama pendukung pasangan Djowo-Toto, dipastikan gembos. Setidaknya, hasil riset tersebut menunjukkan bahwa 64 persen kader Partai Demokrat, sudah memantabkan diri memilih SMS. Dan hanya 14 persen kader setia yang masih all out mendukung pasangan Djowo-Toto. Sisanya, sekitar 22 persen mengaku belum menentukan pilihan.
Kekalahan dukungan pasangan SMS hanya berada di Partai Gerindra. 40 persen kader partai yang didirikan Prabowo Subianto ini, sudah memantabkan diri nderek Mas Mantri alias memenangkan pasangan SMS. Sisanya, 60 persen, mengaku belum memiliki pilihan.
Dinamika pemilih justru ada di Partai Nasdem. Partai yang tahun 2014 mendatang baru terjun kompetisi pada pemilu legislatif tersebut, 45 persen pendukungnya memilih pasangan SMS. Pilihan kepada pasangan NasPro dan Djowo-Toto, seimbang dengan masing-masing 20 persen, dan sisanya, 15 persen kader Nasdem mengaku belum menentukan pilihan.
Masih menurut Kohong-sapaan karib Rinita Sofia Hadi-, persentase tersebut dilakukan dengan menghimpun data kepada 1500 responden dari 18 kecamatan di Magetan. ‘’Teknik pengumpulan datanya dengan multistage random sampling. Yakni meski kami pilih responden acak, seluruhnya dipilih minimal dua kali tahapan. Tingkat kesalahannya 4,5 persen dan 95 persen tingkat kepercayaan,’’ terang Kohong.
Joko Suyono, koordinator penggalangan tim kampanye SMS mengaku bahwa hasil survei yang menunjukkan lebih dari separo masyarakat Magetan masih setia dengan SMS menjadi indikator banyak hal. Seperti menunjukkan mesin partai yang bergerak serta relawan pendukung yang sangat solid. ‘’Sejak rekom turun Februari lalu, kami langsung bergerak ke bawah. Melakukan sosialisasi kepada seluruh kader. Kami lakukan pula dengan door to door,’’ tegas Joko.
Ditambahkan, hasil survei tersebut bakal menjadi modal PDI Perjuangan dan tim pemenangan SMS untuk lebih menguatkan gerakan pada massa kampanye. Menurutnya, salah satu pola penguatan tersebut dengan menyapa pemilih secara langsung. ‘’Kami targetkan kemenangan sekitar 60 persen untuk SMS!’’ tegasnya diamini Kohong.
Pihaknya juga berupaya mendatangkan juru kampanye populer dari PDI Perjuangan. Seperti Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi), Rieke ‘Oneng’ Diah Pitaloka, Dedi ‘Miing’ Gumelar hingga Rano Karno. Termasuk Puti Guntur Soekarno, cucu proklamator sekaligus mantan presiden Soekarno.
Menanggapi hasil survei tersebut, H Sumantri berharap hasil survei tersebut tak lantas membuat tim pemenangan SMS lengah. Menurut dia, target kemenangan 60 persen yang dipatok PDI Perjuangan, merupakan hasil kerja keras. ‘’Mudah-mudahan dengan semangat dan doa dari seluruh tim dan masyarakat Magetan, kami benar-benar mampu mengemban amanah kembali. Meneruskan perjuangan dan menyempurnakan seluruh program yang selama ini kami rintis. Dan saya siap untuk itu, selalu optimis!’’ tukas H Sumantri.
Di sisi lain, tahapan pilkada Magetan sudah memasuki tahap kampanye. Hari pertama kampanye, Minggu (7/4) kemarin, seluruh kandidat didaulat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, untuk menyampaikan visi dan misi dalam forum resmi yang dikemas melalui rapat paripurna istimewa. Ketiga pasangan kandidat, baik H Sumantri-Samsi (SMS), Nanik Karsini-Sugiho Pramono (NasPro) dan Djoko Prabowo Hartoto (Djowo-Toto), seolah sama-sama beradu konsep: mengelola Magetan yang baik dan benar. [Tim MO]

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar: