Siapa Joko Suyono


SEBAGIAN kalangan di Magetan memimpikan sosok pemimpin muda yang diharapkan mampu bergerak cepat dalam melaksanakan pembangunan di Magetan. Wacana itu bahkan santer muncul, dalam dialog pemuda yang diadakan aktivis jejaring pemuda Magetan beberapa waktu lalu. Dari dialog tersebut muncul pemikiran bahwa perlu adanya kolaborasi pemimpin senior yang diperlukan pengalamannya dalam memimpin Magetan dan pemimpin muda yang memiliki fighting spirit. Sehingga mampu bergerak cepat mengatasi permasalahan rakyat serta melakukan pembangunan di Magetan. Beberapa nama tokoh-tokoh muda di Magetan muncul ke permukaan, salah satunya Joko Suyono, ketua DPRD Magetan.

Politikus muda yang lahir pada 22 Juli, 40 tahun lalu ini mengawali karir politiknya mulai dari bawah. Yakni sebagai pengurus ranting di PDI Perjuangan (PDIP).
Selama merintis karir di legislatif, politisi kelahiran 1972 ini bisa dianggap cukup berhasil mengawal pemerintahan Bupati Magetan Sumantri, yang pada Pilkada 2008 lalu diberangkatkan melalui PDIP. Terbukti, selama Joko Suyono menjabat sebagai ketua DPRD Magetan, DPRD bisa berjalan sinergis dengan pemerintah kabupaten Magetan. laporan pertanggungjawaban pemerintahan Sumantri setiap tahun hingga tahun terakhir masa jabatannya bisa diterima oleh semua fraksi di DPRD Magetan. Parlemen sebagai fungsi legislasi juga mampu  menelorkan beberapa Raperda yang saat ini sudah menjadi produk hukum mengikat, yakni Perda.

Sebagai tokoh muda visioner yang memiliki visi kedepan, ia melakukan pengamatan, pemetaan dan analisa isu-isu strategis permasalahan yang berkembang di masyarakat Magetan, seperti rendahnya investasi, pembangunan antara wilayah yang belum merata, pencemaran lingkungan hidup, rendahnya kualitas pendidikan, derajat kesehatan dan pelayanan kesehatan yang belum merata, jumlah penduduk miskin yang masih banyak, ketersediaan air bersih di Magetan selatan yang masih terbatas, tingkat pengangguran tinggi, belum dikembangkannya potensi wisata, penegakan supremasi hukum, dan infrastruktur yang terbatas.

Dari pemetaan isu-isu yang ada kemudian dijadikan sebagai daya ungkit berbagai program kegiatan dan kebijakan dalam rangka percepatan pelaksanaan pembangunan, peningkatan penyelenggaraan pemerintahan, dan peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat. Berbagai permasalahan yang ada tersebut menjadi prioritas program kegiatan yang dikelompokkan menjadi lima program kerja yang disingkat PARIKESIT, yakni Pendidikan, Pariwisata, Kesehatan, Industri dan perdagangan, serta Pertanian. Untuk membuka dinamika langkah-langkah program pembangunan melalui motto AMARTA yang berarti Aman, Merata, Adil, Ramah, Tentram, dan Asri  Dengan program pembangunan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat diharapkan akan mampu mewujudkan masyarakat Magetan yang sejahtera dan produktif.

Langkah-langkah yang harus diambil untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan produktif adalah dengan mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa, memacu pertumbuhan ekonomi kerakyatan, optimalisasi sumber daya alam yang berwawasan lingkungan, meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur dalam rangka pemerataan pembangunan, peningkatan supremasi hukum, dan peningkatan produktifitas sumber daya manusiaSelain itu, untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan produktif dengan melaksanakan strategi pembangunan GEBYAR MAGETI yang berarti Gerakan pertumbuhan ekonomi kerakyatan, Emansipasi wanita, Berpihak pada aspirasi masyarakat, Pelayanan prima, Aparatur yang bersih dan berwibawa, Sarana dan prasarana infrastruktur, Mengentaskan kemiskinan,Alam yang asri, Generasi yang produktif, Supremasi hukum, Tertib administrasi, dan Iman dan taqwa.[Ari]



Nama:
Joko Suyono, S.Sos

Tempat, tanggal lahir:
Magetan, 22 Juli 1972 

Istri:
Ardhita Gusanti, S.Pd 

Anak:
-          Arin Detyana Putri
-          Dhion Ganjar Dewanto 

Alamat:
Desa Mrahu, Kecamatan Kartoharjo, Magetan


Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar: