Pemkab Magetan Terus Berdayakan Petani

BUPATI SUMANTRI SELALU MENYEMPATKAN TURUN KE BAWAH MENYAPA PETANI
MAGETAN OPTIMIS - Pemkab Magetan tak henti memberdayakan para petani di ribuan kelompok tani yang ada. Salah satunya diwujudkan dengan pemberian bantuan berupa sarana produksi (saprodi) pertanian.
"Pada awal tahun 2013 ini kami telah memberikan bantuan beberapa jenis sarana produksi pertanian untuk setidaknya 400-an kelompok tani," ungkap Bupati Drs H Sumantri MM, kemarin.
Jenis alat yang telah diberikan secara bertahap dalam bulan Januari ini, antara lain 2 buah traktor roda empat, 47 set peralatan perkolaman, 78 hand tractor, 10 mini feed mill, 230 hand sprayer, 2 unit penggilingan padi, 1 unit lantai jemur, 3 mesin pengering padi, 18 power thresser dan 27 buah alat memanen padi.
Konsentrasi pemkab Magetan pada sektor pertanian, tambahnya, karena potensi sektor tersebut masih bisa dikembangkan. Sesuai data, jumlah penduduk pada 2010 jumlah penduduk total sebanyak 693.346 orang, sedangkan tenaga kerja pada sektor pertanian sebanyak 283.653 atau 63,52% warga Magetan menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian.
Berbagai upaya Pemkab Magetan dalam memberdayakan sektor pertanian telah membuahkan penghargaan pada tingkat nasional. Tahun 2012 lalu, untuk kedua kalinya Magetan memperoleh penghargaan Adikarya Pangan Nusantara. Penghargaan tersebut dikaitkan dengan keberhasilan peningkatan produksi beras diatas 5 persen setiap tahunnya.
Selain pemberian bantuan saprodi, Pemkab Magetan juga melakukan revitalisasi dan rehabilitasi terhadap jaringan irigasi pertanian. "Secara bertahap dalam kurun waktu 2008-2011, rehabilitasi Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (Program JITUT-red) dan Jaringan Irigasi Desa (JIDES-red) telah mampu mengairi lahan sawah seluas 6.666 Ha yang tersebar di 100 desa dan 18 kecamatan," imbuh bupati dari PDI Perjuangan itu.
Kegiatan rehabilitasi JITUT, lanjutnya, meliputi perbaikan saluran tersier dan kuarter serta dukungan bagi saluran kuarter seperti siphon, talang, bangunan terjun. Sedangkan rehabilitasi JIDES meliputi perbaikan bangunan penangkap air, box bagi, siphon, talang, bangunan terjun dan gorong-gorong. "Pemkab berharap agar nantinya semua saluran irigasi itu berjalan dengan baik pada 2014 mendatang serta berharap kepada para petani di wilayah masing-masing untuk menjaga dan merawat saluran tersebut," kata Sumantri, yang kembali menjadi calon bupati dari PDI Perjuangan dalam Pilbup Magetan 2013.
Atas berbagai upaya tersebut, Pemkab Magetan bertekad untuk mampu mendongkrak hasil tanaman produksi pangan dapat meningkat rata-rata 6 persen hingga 7 persen. Di antara 9 jenis komoditi pertanian di Magetan, imbuh Sumantri, pemkab berharap penuh peningkatan produksi pada komoditi padi yang memiliki luas panen 42.475 hektar.
"Selanjutnya adalah jagung dan kacang tanah. Untuk komoditi yang lain hanya ditarget sebesar 3 hingga 4 persen rata-rata setiap tahunnya," ucapnya. (aven)

Dikutip dari: http://www.pdiperjuangan-jatim.org/v03/index.php?mod=berita&id=6576 

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar: