Kondisi Ekonomi Makro Kabupaten Magetan Tahun 2008-2011

SECARA umum, pemerintahan Bupati Magetan H Sumantri dan Samsi pada lima tahun terakhir, menitikberatkan pada sejumlah sektor vital. Salah satunya dari segi ekonomi. Beberapa kegiatan berbasis peningkatan sumberdaya manusia pun dilakukan. Walhasil, kondisi tersebut berbuah manis dengan bergerak ke atasnya, sejumlah pendapatan utama Magetan dari berbagai sektor. Khususnya pada pertumbuhan ekonomi, indikator-indikator capaian keberhasilan tersebut tersuguh pada angka yang cukup manis. [*]

Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Magetan dibandingkan Jawa Timur dan nasional, termasuk baik. Bahkan tahun 2009 lebih besar dari pertumbuhan ekonomi Jawa Timur maupun nasional.





Perbandingan  Pertumbuhan Ekonomi se-Bakorwil Madiun
Meskipun di tingkat regional maupun nasional termasuk baik, namun di wilayah barkowil I Madiun, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Magetan memang masih berada di bawah. Sebagaimana terlihat dalam diagram berikut




Perkembangan PDRB Tahun 2008 -2011
Produk Domestik Regional Bruto Atas Dasar Harga Berlaku (PDRB-ADHB) Kabupaten Magetan terus mengalami peningkatan sebesar 10,53% di tahun 2009, 123,36% di tahun 2010 dan 12,20% di tahun 2011.




Perbandingan PDRB Perkapita se-Barkorwil 1 Madiun Tahun 2011
Jika dibandingkan dengan Kabupaten/ Kota se-Barkowil 1 Madiun, PDRB perkapita Kabupaten Magetan menduduki rangking 2 di bawah Kabupaten Madiun.



Laju Inflasi
Inflasi di Kabupaten Magetan tertinggi pada 2008 hingga mencapai 2 digit. Karena dampak krisis ekonomi global dan kenaikan harga BBM. Setelah itu laju inflasi relatif stabil.

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar: