Pilkada Kabupaten Magetan Pasangan SMS Nomor Urut 1

PASANGAN calon bupati-calon wakil bupati yang diusung PDI Perjuangan, Sumantri-Samsi (SMS) mendapat nomor urut 1 dalam Pilkada Magetan 2013. Nomor urut 1 itu diperoleh pasangan SMS dalam acara pengundian nomor urut yang digelar KPU Magetan, Kamis (28/2). "Alhamdulillah, kami telah selesai mengikuti tahapan penetapan pasangan calon dan pengundian nomor urut. Kita mendapat nomor urut satu (1)," ujar Sumantri, usai acara di halaman kantor KPU.
Menurut filosofi Jawa, jelas Sumantri, angka 1 melambangkan matahari, pemimpin dan pemenang. "Ini merupakan angka kuat dan memberikan harapan baik untuk mencapai kesuksesan. Satu juga simbol tekad perjuangan PDI Perjuangan, NKRI sebagai harga mati," tandas cabup incumbent tersebut.

Acara tahapan penentuan nomor urut pasangan calon diikuti tiga pasangan cabup-cawabup yang akan meramaikan Pemilukada Magetan. Pasangan SMS yang juga didukung Partai Golkar, PKS, dan PKB ini berangkat dari Wisma Perjuangan, kantor DPC PDI Perjuangan Magetan diiringi serangkaian kesenian rakyat yang akrab dengan budaya masyarakat Magetan diantaranya jatilan, gambyong, dan sekelompok tokoh pewayangan punokawan.

"Kami ingin menunjukkan bahwa PDI Perjuangan adalah partai yang dekat dengan rakyat, kesenian kami usung sebagai simbol guyub rukun, kedamaian, kita boleh bersaing, namun dalam koridor demokrasi dan damai," terang kata Ketua Tim Kampanye Sumantri-Samsi, Rinita Sofia Hadi.

Disamping mengusung kearifan lokal, kesenian yang mengiringi pasangan (SMS) memiliki filosofi yang mendalam. Jathilan merupakan tarian yang menggambarkan ketangkasan prajurit berkuda yang sedang berlatih di atas kuda. Tarian ini menggambarkan seluruh struktur mesin partai dan relawan telah siap menuju medan pertempuran memenangkan pasangan Sumantri-Samsi.

Sedangkan punakawan merupakan tokoh pewayangan penebar humor untuk mencairkan suasana. Istilah punakawan berasal dari kata pana yang bermakna "paham", dan kawan yang bermakna "teman".

"Para punakawan tidak hanya sekadar abdi atau pengikut biasa, namun mereka juga memahami apa yang sedang menimpa kesatria mereka. Bahkan seringkali mereka bertindak sebagai penasihat. Ini menggambarkan keinginan PDI Perjuangan agara rakyat Magetan yang mendukung Sumantri-Samsi melanjutkan perjuangan menata Magetan menjadi lebih baik bisa menjadi sahabat, juga penasihat yang baik," tambah cawabup Samsi.

Sementara tari gambyong merupakan jenis tari pergaulan di masyarakat. Ini simbol bahwa pasangan Sumantri-Samsi ingin selalu dekat dan bergaul dengan rakyat. (sa) 


 

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar: