Jadi Andalan, Aeromodeling Smanti Cukup Disegani

MAGETAN OPTIMIS – Masuknya mata pelajaran kedirgantaraan pada 2007 silam, mengubah SMAN 1 Maospati (Smanti). Selain mampu membuka ekstrakurikuler aeromodeling, rupanya sekolah ini berhasil menelorkan bibit-bibit atlet aeromodeling potensial dan tokcer. Terbukti, sejumlah prestasi di bidang tersebut, berhasil dikoleksi Smanti.
Prestasi yang paling gres, didapat pada akhir 2012 lalu. Smanti berhasil merebut juara pertama kelas out door hands louncing glider (OHLG) beregu putri di kejuaraan aeromodeling tingkat Jawa Timur. ‘’Pelajaran kedirgantaraan kami masukkan dalam mata pelajaran muatan lokal. Diberikan pada seluruh pelajar kelas X. Kami tunjang dengan dibukanya ekstrakurikuler aeromodeling yang menginduk pada ekstrakurikuler pramuka,’’ kata Kepala Smanti Siti Rupi’ah, saat ditemui Magetan Optimis.
Untuk memuluskan potensi aeromodeling itu, Smanti sengaja menunjuk salah satu anggota TNI AU dari Lanud Iswahjudi, sebagai guru sekaligus pembimbing dan pembina aeromodeling. Dia adalah Peltu Windu Adi. Seorang staf di bidang pembekalan, materiil, sistem dan senjata (Kalmatsista) Lanud Iswahjudi.
‘’Senang sekali bisa membina siswa-siswi Smanti. Karena antusias mereka luar biasa terhadap pelajaran kedirgantaraan. Hampir separo pelajar kelas X ikut ekstrakurikuler aeromodeling,’’ kata Windu.
Hasil besutan Windu, setidaknya mampu mengantarkan pelajar Smanti berhasil menjadi atlet aeromodeling cukup disegani, utamanya level Jawa Timur. Bahkan, untuk Porprov 3 pada Juni 2013 mendatang di Madiun, sudah ada dua pelajar Smanti yang bakal mewakili Magetan. Keduanya dibina intensif, lantaran disiapkan untuk mengikuti semua kelas di kejuaraan aeromodeling.
Di sisi lain, pelajaran kedirgantaraan di Smanti, diberikan selama dua jam setiap minggunya bagi pelajar kelas X. Suciari Dewi, salah satu pelajar kelas X mengaku menggemari pelajaran satu ini. ‘’Pelajaran ini bisa menunjang dan menerapkan langsung pelajaran lainnya. Seperti bahasa Inggris, matematika dan fisika. Termasuk sarana menyalurkan hobi,’’ ujar Suciari. [Bep]

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar: